Kenapa Sih Baterai Bisa Meledak? Ini Alasannya!

Kenapa Sih Baterai Bisa Meledak? Ini Alasannya!

 

Beberapa waktu yang lalu, kita sempat dihebohkan dengan kasus Galaxy Note 7 yang meledak dari beragam kasus. So, buat yang udah nggak sabar dan penasaran dengan apa yang terjadi pada baterai, silakan lihat di bawah.

1. Baterai Lithium-ion Hamil

alasan baterai meledak 1
Pernahkah kamu membuka cover belakang smartphone kamu dan melihat seperti apa kondisi baterai kamu saat ini? Buat yang memiliki desain unibodi, pasti kamu agak sulit. Bagi yang tidak, pernah nggak kamu melihat baterai kamu benjol atau hamil?
Nah, faktor baterai hamil ini karena Lithium-ion sudah terlalu banyak diisi ulang, bahkan secara berlebihan serta beban ringan. Karena struktur baterainya, maka mereka rentan mengalami kerusakan. Bandingkan saja strukturnya dengan swiss roll spiral yang berisi lembar elektroda.

2. Apa yang Ada di Dalam Baterai Hamil dan Kenapa Bisa Meledak?

alasan baterai meledak 2
Seorang periset bernama Toby Bond, melakukan sebuah penelitian bersama timnya yaitu Canadian Light Source. Ternyata, baterai hamil itu isinya adalah gas. Sebab, jika baterai overheat atau overcharge, atau bahkan ditinggal terlalu lama tanpa di-charge, maka cairan kimia di dalamnya akan berubah menjadi gas. Itu yang membuat baterai jadi hamil.
Nah, jika disimpulkan, maka akan ada tiga kemungkinan besar yang bisa terjadi, yaitu:
  • Baterai dapat membengkak dan tetap bekerja.
  • Baterai dapat membengkak cukup parah dan berhenti beroperasi.
  • Gas akan terus tercipta dan akhirnya meledak.

Jangan Coba-coba Deh!
Share on Google Plus

About Fauzan Habibi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk komment mohon follow google acountnya ya,, thanks


Jika ada link download yang sudah rusak, mohon beritahu kami, kami akan segera memperbaikinya